Function Memaksa Textbox Terisi Data Pada Excel VBA #Rumus Ajaib

Materi kali ini saya akan membehas bagaimana coding atau script VBA untuk memaksa user mengisi textbox yang telah disediakan pada aplikasi excel dan apabila tidak diisi maka program atau aplikasi tidak  bisa dilanjutkan. Hal ini akan mempengaruhi user untuk mengisi biodata pada textbox area.

Coding ini cukup sederhana dengan logika atau fungsi If menggunakan coding atau script VBA. Saya akan mencoba mendesain userform seperti berikut ini, namun sebelumnya hasil dari coding dan desain form yang akan kita buat untuk lebih jelasnya hasilnya seperti berikut ini


Perhatikan gambar diatas, ada textbox isian yang harus diisi oleh user yaitu Nama Operator dan saya coba untuk tidak mengisi textbox tersebut maka hasilnya adalah muncul sebuah pesan "Silakan Tuliskan Operator" ini artinya bahsa pengguna aplikasi harus mengisikan nama operator untuk bisa melanjutkan ke penggunaan aplikasi. Misalnya saya akan coba jika nama operator pada textbox input tersebut saya isikan dengan nama terserah Anda misalkan saya tuliskan "Yatna Supriyatna" maka akan userform tersebut akan di close dan program akan menload userform berikutnya.


Jika saya klik tombol OK maka hasilnya akan menuju ke form Menu.


Untuk bisa membuat seperti hasil diatas Anda harus tambahkan coding pada prosedur CommandButton_Click dan silakan tuliskan coding atau script VBA dibawah ini

Private Sub CommandButton1_Click()
If TextBox1.Value = "" Then
MsgBox "Silakan Tuliskan Operator", vbInformation
TextBox1.SetFocus
Exit Sub
Else
Unload Me
UserForm16.Show
End If
End Sub


Silakan dicoba coding yang telah dituliskan seperti diatas, untuk menjalankannya silakan tekan tombol F5 atau Run pada Icon VBA Editor.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Function Memaksa Textbox Terisi Data Pada Excel VBA #Rumus Ajaib"

Post a Comment