Jitu.. Mudahnya Cara Validasi Input Nomor KTP Dengan Menggunakan Excel -Praktis Dan Singkat

Hai sahabat Excel-ID dah beberapa hari ini saya tidak posting di blog excel ini karena beberapa hal yang musti digarap secara offline, namun saya tentunya harus tetap posting artikel-artikel mengenai excel di blog ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pembaca setia Excel-ID.

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana validasi input nomor KTP dimana pada saat ini memang menjelang PEMILU yang biasanya dalam format yang harus diisikan adalah nomor KTP daftar pemilih baik itu di DPS (Daftar Pemilih Sementara) ataupun DPT (Daftar Pemilih Tetap). Namun ada juga yang masih melakukan validasi Pemutakhiran data pemilih.

Jika kita melihat nomor KTP yang terdiri dari 16 digit dan jika kita perhatikan ke-16 digit tersebut memiliki arti atau maksud dan biasanya itu adalah pengkodean wilayah. Oke saya tidak akan bahas panjang lebar mengenai arti dari penomoran KTP karena sudah pernah saya bahas juga beberapa waktu yang lalu.

Baca:
Aplikasi Lacak Nomor KTP Ver.1.10

Validasi input nomor KTP disini saya menggunakan fungsi Validate yang tentunya Ms. Excel telah menyediakannya walaupun terkadang kita tidak mengetahuinya atau mengetahui tapi belum pernah mencobanya. Seperti apa validasi di Ms. Excel tersebut?

Simak juga :
Cara Validasi Data Range dengan VBA

Oke, perhatikan saya akan mencoba input nomor KTP seperti tampilan gambar berikut ini



Nah, dari gambar diatas ketika saya mengetikan nomor KTP pada cell A1 akan muncul sebuah pesan KESALAHAN bahwa jumlah Digit KTP harus 16 kemudian ada 3 buah tombol yaitu Retry, Cancel, dan Help.

Kenapa bisa terjadi pesan ERROR tersebut?
Yah, saya telah membatasi jumlah digit yang dientri ada cell A1 tersebut minimal 16 digit dan maksimal 16 digit sehingga jika kalian mengetikkan kurang dari 16 digit maka akan terjadi pesan ERROR begitu juga jika kalian mengetikan lebih dari 16 digit maka akan muncul juga pesan error tersebut.

Kenapa hal ini dilakukan?
Mungkin temen-temen telah menemukan ketika melihat data jumlah digit nomor KTP tidaklah sama untuk beberapa data dan ini akan menyebabkan temen-temen kesal dan alangkah baiknya jangan diisi saja daripada kurang.

Lalu bagaimana caranya membuat / membatasi jumlah digit nomor KTP tersebut?
Langkah pertama silakan Anda blok range mana yang akan dibatasi jumlah digit datanya jika saya disini lakukan hanya cell A1 saja Anda bisa blok range yang akan dibatasi jumlah digitnya.



Klik menu Data kemudian pilih Data Validation dan pada jendela Data Validasion silakan klik Setting dan entrikan Criteria Validation
Allow : Text Lenght
Data : Between
Minimum : 16
Maximum : 16 lalu silakan ke menu Error Alert untuk memasukan tulisan pesan kesalahannya dan klik ok

Sekian terimakasih semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk subscribe chanel Youtube Excel-Id yang untuk mendapatkan video tutorial tentang Excel.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jitu.. Mudahnya Cara Validasi Input Nomor KTP Dengan Menggunakan Excel -Praktis Dan Singkat"

Post a Comment