Function Cara Membuat Nomor Otomatis Dengan Rumus Excel #Rumus Ajaib

Cara membuat nomor otomatis memang banyak cara yang bisa dilakukan di Ms. Excel dan salah satu cara yang akan saya bahas adalah dengan menggunakan rumus. Untuk membuat nomor otomatis yang sering Anda lakukan dan banyak orang lakukan adalah dengan drag cell yang berisi nomor tersebut ke bawah misalnya kita ketikkan angka 1 kemudian tekan tombol CTRL dan drag ke bawah maka nomor otomatis akan muncul sampai pada akhir drag yang Anda lakukan.

Berbeda denganc ara saya kali ini yaitu menggunakan rumus ROW. Bagaimana cara membuat nomor otomatis dengan menggunakan rumus ROW tersebut apakah bisa dilakukan tanpa ada nomor yang kelewat? Oke, Anda bisa teruskan membaca tulisan saya jika ingin mengetahui caranya.

Simak:
Cara Membuat Nomor Otomatis di Ms. Word

Cara Membuat Nomor Otomatis Menggunakan Rumus

Silakan ketikkan rumus di cell A3 kemudian tuliskan =ROW()-2 maka hasilnya adalah angka 1 silakan tarik kebawah rumus tersebut dengan cara drag pada kotak kecil hitam di bawah cell yang berisi rumus tersebut lakukan sampai nomor urut akhir yang dibutuhkan maka secara otomatis angka 1 sampai dengan angka terakhir akan dibuatkan tanpa ada yang terlewatkan atau salah urut.


Perhatikan gambar diatas saya menuliskan rumus di cell A3 dengan formula =ROW()-2 kenapa saya tuliskan -2 karena hitungan dari cell A1 ke cell A3 adalah 2 cell sehingga jika saya enter hasilnya adalah 1 artinya rumus awal yang harus diketehui harus bernilai angka 1.

Bagaimana jika saya akan membuat nomor otomatis dimulai dari cell C7  ?
Caranya yaitu silakan hitung berapa cell yang dihitung dari cell C1 ke C7 dan jawabanya adalah 6 maka rumus yang dituliskan untuk membuat nomor otonatis dimulai angka 1 di cell C7 adalah =ROW()-6 maka hasilnya adalah 1 Anda tinggal menarik rumus tersebut kebawah sampai dengan nomor yang dibutuhkan.

Baca:
Cara Membuat Nomor Halaman di Ms. Excel

Saya kira cukup mudah, silakan dicoba semoga berhasil dan apabila ada kesulitan dalam materi ini silakan kasih komentar untuk bertanya seputar cara membuat nomor otomatis dengan rumus.

Bagaimana Cara Membuat Absensi dengan Nomor Otomatis?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Function Cara Membuat Nomor Otomatis Dengan Rumus Excel #Rumus Ajaib"

Post a Comment