Function Contoh Rumus SEARCH Dan Penggunaannya #Rumus Ajaib

Berbicara mengenai Ms. Excel kita pernah mendengar atau mungkin menggunakan rumus SEARCH, lalu aa fungsinya dan bagaimana cara penggunaannya? Rumus SEARCH digunakan untuk mencari posisi karakter tertentu dalam sebuah kata atau kalimat dan menempatkan karakter pertama sebagai karakter yang ditemukannya, sehingga dapat diketahui karakter keberapa kata yang dicari tersebut.

Syntax:
=SEARCH(Find_text,Within_text,[star_number])

Bagaimana contoh penggunakan rumus funsi SEARCH?
Misalnya saya tuliskan rumus sebagai berikut :

=SEARCH("SUPRIYATNA","YATNA SUPRIYATNA")
hasilnya adalah : 7

Kenapa hasilnya 7 karena kata SUPRIYATNA diawali dengan kata S yaitu pada posisi karakter atau string ke-7 dan spasi dihutung 1 karakter.


Lalu bagaimana jika datanya saya terapkan pada cell tertentu? perhatikan gambar dibawah ini


Ada paragraf di cell B3 kemudian ada kata yang akan dicari pada cell D2.
di cell D3 dituliskan "Seperti yang pernah saya janjikan di forum EIUG yaitu forum excel terbesar di Indonesia saya akan berbagai mengenai aplikasi PPDB terbaru ini dan tentunya masih tetap berbasis excel. Ada perbedaan dari aplikasi sebelumnya yang pernah saya posting dan bagikan di blog excel ini dan sepertinya pada aplikasi update PPDB terbaru ini memiliki fitur menu yang agak sedikit variasi namun tentunya tidak mengindahkan fungsi utama dari aplikasi PPDB ini.

dan ci cell D2 dituliskan "saya" maka jika saya tuliskan rumus di cell D3 dengan formula =SEARCH(D2,B3) maka hasilnya adalah 21.

Angka 21 diperoleh karena kata "Saya" huruf S berada pada karakter ke 21 (catatan: spasi dihitung 1 karakter).

Rumus SEARCH ini akan berguna dan dapat dikolaborasikan atau digabungkan dengan fungsi rumus lain misalnya LEN dan beberapa rumus lainnya sehingga dapat menghasilkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Function Contoh Rumus SEARCH Dan Penggunaannya #Rumus Ajaib"

Post a Comment