Jitu.. Cara Membuat File .TXT Dengan Macro VBA -Praktis Dan Singkat

Hallo sahabat Excel-ID lama tidak posting artikel tentang Excel, jadi sebelum saya memulai untuk menulis artikel ini saya mohon maaf karena kesibukan di dunia Offline sehingga saya belum bisa posting artikel terbaru tentang Excel. Oia Excel-ID juga menggarap versi Youtube nya lho jadi bagi para pecinta tutorial Excel silakan Subscribe channel nya tentunya masih berhubungan dengan seputar Excel dan Rumus serta Tips dan Triknya.

Oke pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara membuat sebuah file dengan extension .TXT alias file notepad tapi tidak usah membuaka file Notepad terlebih dahulu melainkan langsung melalui Excel dengan sedikit coding VBA tentunya.

Kenapa saya buatkan tutorial seperti ini? Oia ada beberapa email yang masuk dan maaf tidak saya sebutkan nama dan alamat emailnya namun dari isinya dia menanyakan bagaimana seh caranya membuat sebuah file notepad kosong tanpa ada isinya? Jawabannya cukup mudah Anda hanya tinggal menambahkan sedikit coding menggunakan VBA, lalu bagaimana caranya?

Oke, caranya yang pertama silakan buat file baru pada Ms. Excel Anda terserah mau versi berapapun mudah-mudahan bisa berjalan dengan normal coding yang akan saya buat pada tulisan ini. Kalau saya menggunakan versi office 2010 kebetulan versi office ini menurut saya paling ringan dan mudah.

Setelah Anda membuat file baru silakan buat satu buah module untuk menempatkan isi coding buat file txt tersebut. Dan saya kira untuk membuat modul sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Baca juga :
Cara Menambahkan dan Menghapus Module Macro VBA

Setelah itu silakan Anda tambahkan coding berikut ini pada module yang telah Anda buat

Sub BuatFile()
    Dim fso As Object
    Set fso = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")

    Dim Fileout As Object
    Set Fileout = fso.CreateTextFile("D:\FileSaya.txt", True, True)
    Fileout.Write "your string goes here"
    Fileout.Close
End Sub

Hasilnay akan seperti gambar berikut ini



Untuk SetFileOut silakan ganti alamat tempat penyimpanan file txt nya dan saya menyimpan file txt tersebut di drive D dengan nama file "FileSaya.txt"

Setelah itu Anda silakan panggil module1 yang telah dibuat bisa menggunakan tombol ataupun bisa ditempatkan atau dipanggil ketika file excel ini dibuka. Jika Anda menggunakan tombol pada worksheet caranya yaitu klik menu Depelover kemudian insert Button dan arahkan ke module yang telah dibuat tersebut. Kira-kira tampilannya harus sama seperti berikut ini


 Lalu silakan akhiri dengan klik tombol OK dan silakan coba klik tombol Button1 tersebut maka apa yang akan terjadi? Sebuah file txt kosong akan dibuat pada drive D dan hasilnya akan seperti berikut ini


Jreng.....
File yang ditunjukan oleh anak panah warna merah adalah merupakan hasil dari coding yang telah Anda buat tadi. Cukup gampang bukan? Silakan kembangkan kembali coding tersebut dan selamat mencoba.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jitu.. Cara Membuat File .TXT Dengan Macro VBA -Praktis Dan Singkat"

Post a Comment